+62 812 6052 6601 [email protected]

Danau Toba dan Pulau Samosir

Danau Toba dan Pulau Samosir serta sejarah terbentuknya

Danau Toba dan pulau Samosir merupakan dua daerah yang saling berkaitan dan berada di Provinsi Sumatera Utara. Sebuah danau tekto-vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Sebuah letusan yang maha dahsyat sehingga mengakibatkan kepunahan masal pada beberapa spesies makhluk hidup dan mengurangi populasi manusia sekitar 60% menurut dari sebuah penelitian oleh Craig Casner serta terjadinya perubahan iklim selama beberapa tahun.

Akibat dari letusan tersebut terbentuklah kaldera yang kemudian terisi air sehingga menciptakan sebuah danau yang saat ini dikenal dengan Danau Toba. Tekanan keatas Magma yang belum keluar keatas mengakibatkan terbentuknya sebuah daratan ditengah tengah danau yang sekarang dikenal dengan Pulau Samosir.

Geopark Kaldera Danau Toba

Geopark Kaldera Danau Toba adalah nama yang disematkan kepada danau ini seiring pengembangan destinasi wisata di Sumatera Utara dan menjadi salah satu UNESCO Global Geopark. Geopark Toba mencakup 7 wilayah kabupaten yakni Karo, Dairi, Samosir, Humban Hasundutan, Simalungun, Tapanuli Utara dan Toba Samosir dengan 16 Geosite utama yaitu :

  1. Geosite Sipiso Piso Tongging
  2. Geosite Silahi Sabungan
  3. Geosite Haranggaol
  4. Geosite Hutaginjang
  5. Geosite Pusuk Buhit
  6. Geosite Sibaganding
  7. Geosite Taman Eden di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa)
  8. Geosite Balige, Liang Sipege dan Meat
  9. Geosite Air Terjun Situmurun – Blok Uluan
  10. Geosite Muara Sibandang
  11. Geosite Sipinsur
  12. Geosite Bakara dan Tipang
  13. Geosite Tele dan Pangururan
  14. Geosite Huta Tinggi dan Danau Sidihoni
  15. Geosite Simanindo dan Batu Hoda
  16. Geosite Ambarita, Tuktuk dan Tomok

Wisata Danau Toba

Saat ini danau toba menjadi sebuah daerah tujuan wisata yang cukup populer oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, keindahaan alam danau toba menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Kota Parapat merupakan pintu gerbang untuk memasuki wilayah danau toba, disini banyak terdapat penginapan penginapan dengan harga terjangkau hingga hotel berbintang dan terdapat pula penjual souvenir khas lokal setempat.

Baca juga “Festival Danau Toba

Danau Toba dan Pulau Samosir
Keindahan Danau Toba

Pulau Wisata Samosir

Sebuah pulau yang berada di tengah tengah danau toba dan merupakan pulau terbesar ditengah danau yang melebihi luasnya negara Singapura. Nilai histori yang ada serta kaya akan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Terdapat makam makam kuno yang telah berusia ratusan tahun seperti makam raja Sialagan dan rumah rumah adat dari suku Batak yang merupakan penduduk asli dari masyarakat disekitar danau toba. Seni dan Budaya masyarakat lokal menjadi salah satu atraksi dan sajian yang menarik bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini.

Sebuah fenomena alam yang maha dahsyat ini hingga menciptakan sebuah maha karya tuhan yang bisa kita nikmati bersama hingga saat ini, oleh karena itu “mari kita jaga bersama kelestarian alam, seni dan budaya untuk generasi masa depan” jadikan Danau Toba sebagai warisan dunia dan destinasi wisata yang wajib kita jaga.

3 Responses

Leave a Reply