+62 812 6052 6601 [email protected]

Kota Medan Wisata Kuliner dan Sejarahnya

Kota Medan Wisata Kuliner dan Sejarahnya Kini

Kota Medan Wisata  Kuliner dan Sejarahnya, kota yang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini adalah kota multietnis yang juga dikenal dengan Kota Wisata Kuliner dan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia Medan menjadi pintu gerbang di sebalah barat pulau Sumatera dengan Bandara Kualanamu sebagai bandara Internasional dan Pelabuhan Belawan sebagai dermaga terbesar.

Sejarah

Medan dulunya merupakan sebuah kampung yang bernama Tanah Deli kemudian oleh seorang yang bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawai beserta istrinya yang merupakan anak dari Raja Pulo Brayan membuka lahan dikawasan hutan diantar Sungai Deli dan Sungai Babura yang kini kita kenal dengan nama Kota Medan.

Hari jadi kota Medan sendiri selalu diperingati pada tanggal 1 Juli 1590 selanjutnya pada tahun 1632 dijadikan pusat pemerintahan oleh Kesulatanan Deli sebuah kerajaan Melayu yang sebelumnya adalah Kerajaan Aru yang didirikan pada tahun 1632 oleh Tuanku Panglima Gocah Pahlawan di wilayah yang bernama Tanah Deli (kini Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang).

Kota Medan Wisata Kuliner dan Sejarahnya
Merdeka Walk

Kuliner

Sebagai kota dengan multietnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Minangkabau, Tionghoa, Mandailing, dan India sehingga banyak terdapat cita rasa makanan yang dapat kita jumpai di kota ini.

Selain masakan dari beberapa etnis yang ada Medan terkenal juga dengan gudangnya oleh oleh yang sudah terkenal di Indonesia maupun negara tetangga seperti Bika Ambon, Bolu Gulung Meranti, Durian Medan maupun yang telah diolah menjadi sebuah pancake (kue yang isinya durian) dan masih banyak lagi oleh oleh yang dapat kita ditemui disini.

Tempat Makanan di Medan

  1. Soto Sinar Pagi
    Berlokasi di jalan Sei Deli, Medan Baru jam buka tiap hari mulai dari pagi hingga pukul 12 siang. Nikmati soto dengan cita rasa yang lezat dan juga tersedia Sop dan beberapa menu lainnya.
  2. Rumah Makan Padang
    Sebuah rumah makan ciri khas dari suku Padang ini banyak diminati oleh masayarat. Kita dengan mudah menemukan rumah makan ini dan sebagai referensi untuk dengan kualitas serta brand yg sudah terkenal seperti Rumah Makan Garuda, Rumah Makan ACC, Rumah Makan Sederhana dan Rumah Makan Miramar.
  3. Ucok Durian Medan dan Durian Bolang
    Merupakan 2 dari beberapa tempat yang enak untuk menikmati durian pilihan yang sedap cita rasanya, Anda juga dapat menikmati durian dengan harga ekonomis hingga lebih dengan banyak variasi pilihan di jalan Pelajar kota Medan.
  4. Merdeka Walk
    Sebuah tempat hiburan yang buka pada malam hari hingga pukul 12.00 malam ini merupakan tongkrongan favorit warga kota Medan dengan banyaknya outlet outlet yang menjajakan makanan lokal maupun makanan dengan brand luar. Ditempat ini sering juga diadakan pertunjukan maupun event seni.
  5. Tip Top Medan
    Berada di Jalan Jend. A. Yani No. 92. Restoran yang sangat legendaris ini  sudah ada sejak jaman Belanda. Menu yang bisa anda nikmati di tempat kuliner Medan yang bernama Tip Top ini adalah ice cream dengan berbagai rasa dan beberapa menu lainnya.
  6. Lontong K Lin
    Sebuah kuliner dengan menu utamanya lontong ini berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No 76, tepatnya di depan SMA 1 Medan buka mulai jam 07.00 s/d 18.00.
  7. Mie Aceh Titi Bobrok
    Dengan namanya kita sudah dapat mengetahui asal dari makanan tersebut yang berada di jalan Setia Budi No. 17C Medan dengan menu utama mie kepiting buka setiap hari mulai jam 11.00-21.00.
  8. Kedai Kopi Apek
    Bagi pencinta kopi, berkunjung ke Kedai Kopi Apek tentu tak boleh dilewatkan. Berdiri sejak 1922, Kedai Kopi Apek menjadi kedai kopi tertua di Medan. Kamu bisa datang ke Jalan Hindu No 37 untuk mencicipi cita rasa khas kopinya.
  9. Sop Sum Sum Langsa
    Berada di jalan Yos Sudarso No 73 bagi kamu penggemar sop menu ini patut kamu coba. Dengan harga Rp47.000, kamu akan mendapatkan seporsi tulang sumsum besar dengan isi sumsum yang bisa dimakan menggunakan sedotan. Rasa kuahnya pas, gurih dan tidak terlalu asin. Ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal merah, rasanya semakin sedap.
  10. Mie Pangsit Tiong Sim Medan
    Berada di jalan Selat Panjang dengan menu andalannya yakni mie pangsit. Mie berwarna kuning khas Mie Pangsit Tiong Sim ini tentu bisa membuat anda terpesona dengan cita rasanya.
  11. Mie Ayam Jamur Kumango Medan
    Menyajikan sebuah mie yang sangat tipis akan tetapi mempunyai tekstur yang kenyal. Dengan irisan jamur dan irisan daging ayam, semakin membuat rasa dari Mie Ayam Jamur Kumango ini semakin sedap, berada di Jalan Mangkubumi Medan.

Dan masih banyak lagi wisata kuliner yang dapat dijumpai di kota ini.

Wisata di Kota Medan

Istana Maimun Medan
Istana maimun Medan
  1. Istana Maimun
    Sebuah Istana Peninggalan dari Kesultanan Deli yang berada ditengah tengah kota Medan
  2. Mesjida Raya Medan
    Mesjid yang dibangun pada 1906 ini terletak tak jauh dari Istana Maimun
  3. Graha Maria Annai Velangkanni
    Merupakan sebuah Gereja Katolik dengan sruktur bangunannya yang menyerupai sebuah kuil
  4. Maha Vihara Maitreya
    Memiliki lahan seluas 4,5 hektar. Vihara ini dibangun di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jl Boulevard Utara, Medan.
  5. Penangkaran Buaya Asam Kumbang
    Berada di Jalan Bunga Raya II, Medan, ini memelihara sekitar 2700 ekor buaya dari berbagai usia, mulai dari yang baru menetas hingga yang paling tua berusia 43 tahun. Panjang buaya tertua ini mencapai 5 meter.
  6. Tjong A Fie Mansion
    Sebuah rumah sejarah yang dimiliki seorang dari etnis Tiongha yang bernama Tjong A Fie yang dulunya berjasa membangun kota Medan yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kesawan – Medan.
  7. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
    Museum yang mengoleksi lebih dari 2.000 species binatang binatang buas ini berada di Jalan S. Parman Medan.
  8. Wisata Bangunan Sejarah
    Selain dari tempat wisata diatas Anda dapat menikmati wisata kota dengan mengunjungi beberapa bangunan bangunan peninggalan Belanda seperti Tugu Pam Tirtanadi, Kantor Pos Medan dan beberapa bangunan kuno lainnya.
2 Responses

Leave a Reply