+62 812 6052 6601 [email protected]

Museum Huta Bolon Simanindo Samosir

Museum Huta Bolon Simanindo Samosir

Museum Huta Bolon Simanindo Samosir, sebuah museum yang cukup populer dikalangan wisatawan yang datang berkunjung kemari. Museum yang mengkoleksi benda benda bersejarah dari Suku Batak serta atraksi Tarian Sigale gale sebagai salah satu atraksi untuk wisatawan.

Dalam bahasa Batak Huta Bolon diartikan dengan kata kampung yang luas atau hutan yang luas.

Untuk menuju kemari dapat ditempuh dengan 40 menit perjalanan dari pelabuhan Tomok dengan biaya ticket masuk sebesar Rp 55.000 (lima puluh lima ribu rupiah).

Sigale Gale

Sigale-gale adalah patung yang dapat menari. Sejarah tentang Sigale-gale menceritakan bahwa dahulu kala ada seorang raja yang kehilangan putranya yang meninggal karena sakit, kemudian karena rindu yang amat sangat akan kehilangan putranya tersebut ia kemudian membuat patung menyerupai anaknya.

Museum Huta Bolon Simanindo Samosir
Tarian Sigale Gale

Dahulu tarian Sigale gale sangat disakralkan dan tidak sembarangan orang bisa memainkan tarian tersebut hanya seorang datuk atau dukun yang dipilih Raja yang boleh memainkannya dengan nilai magis yang terkandung dalam memainkannya. Tetapi sekarang tarian tersebut dapat dimainkan oleh tanpa ada unsur magis didalamnya.

Makam Sidabutar

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri. Menurut
sejarah Batak, Sidabutar sendiri dikenal sebagai raja yang sangat bijak dekat dengan rakyatnya dan Ia juga mampu memotivasi orang-orang untuk bekerja keras dan memegang teguh prinsip Dalihan Na Tolu, prinsip ini menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Batak hingga saat ini. Anda dapat menjumpai makam Sidabutar yang telah berusia ratusan tahun yang terbuat dari batu ketika Anda pertama kali memasuki museum.

Makam Raja Sidabutar
Makam Raja Sidabutar

Pasar Lokal (Shopping Center)

Wisata di Samosir tak lengkap rasanya jika tanpa oleh oleh yang akan dibawa pulang, Anda dapat berbelanja souvenir khas lokal setempat di pasar tradisional yang ada di Tomok dan tak jauh dari dermaga dan objek objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara ini.

Kuliner

Bagi Anda pecinta Kuliner masakan daerah dapat mencicip makanan khas lokal setempat seperti Ikan Mas Arsik, Lapet, Pohul Pohul, Naniura serta beberapa makanan khas lokal setempat yang tinggi akan cita rasanya.

Leave a Reply