+62 812 6052 6601 [email protected]

Objek Wisata Ambarita Hutasiallagan

Objek Wisata Ambarita, Hutasiallagan

Menikmati Objek wisata Ambarita, sebuah desa yang berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Berjarak sekitar 3 km dari Tuktuk Siadong dan 5 km dari Tomok. Desa atau kampung Ambarita ini dikenal dengan benda-benda peninggalan para leluhur Batak yang masih ada sejak zaman dahulu kala. Tempat ini sangat menarik karena merupakan wisata sejarah yang juga banyak diminati oleh para wisatawan

Kampung Ambarita, kampung Batak kuno yang menjadi tempat napak tilas sejarah yang ada di tanah Batak. Rumah-rumah di sini juga berbentuk rumah adat dari suku Batak. Pada gerbang pintu masuk terdapat sebuah patung bernama Pangulubalang, yang dipercaya sebagai penjaga agar tidak ada roh jahat yang dapat memasuki wilayah kampung.

Tempat yang menjadi sasaran di kampung ini yaitu Huta Siallagan. Di perkampungan Huta Siallagan terdapat rumah-rumah adat Batak yang masih berdiri kokok sejak ratusan tahun yang lalu. Terdapat banyak situs-situs sejarah yang kaya akan cerita dari tanah Batak. Salah satu situs yang menarik para wisatawan di sini adalah batu persidangan. Anda akan melihat beberapa kursi yang terbuat dari batu yang menggambarkan sebuah tempat persidangan yang dibuat untuk menghakimi para kriminal pada masa Batak kuno.

 

 

Objek Wisata Ambarita
Batu Persidangan

Huta Siallagan telah menjadi saksi berlangsungnya hukum di masa Batak kuno. Tak jauh dari batu persidangan terdapat juga batu tempat mengeksekusi bagi orang-orang yang telah dijatuhi hukuman mati dengan cara memenggal kepala lalu seluruh bagian tubuh akan diolah menjadi makanan penduduk. Sebuah legenda yang konon mengatakan bahwa suku Batak merupakan kanibalisme.

Di bagian utara Huta Siallagan, terdapat situs batu berbentuk kursi yang lain, dan dulunya dipergunakan sebagai tempat pertemuan oleh marga Siallagan. Lokasi ini telah direhabilitasi oleh pemerintah setempat dan menjadi salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Selain situs situs batu tersebut, anda juga bisa berkunjung ke makam atau tugu Raja Siallagan.

Selain situs situs tersebut para wisatawan yang berkunjung juga akan disuguhkan tarian tradisional dari suku Batak yaitu tarian Tor Tor yang mana para wisatawan akan diajak ikut menari bersama dengan dipandu oleh seorang pemandu wisata yang ada di kampung ini.

1 Response

Leave a Reply